BPJS Kesehatan Gunakan Layanan Aplikasi Via WhatsApp di Masa Pandemi Covid19
Indonesianewsgo - BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Jawa Barat menggunakan Pelayanan Administrasi via Aplikasi WhatsApp, yang disingkat Pandawa.
Hal ini bertujuan untuk
membatasi pelayanan peserta di kantor cabang guna meminimalkan risiko
penularan COVID-19.
"Dengan Pandawa ini, pelayanan kami lakukan tanpa melalui tatap muka
sehingga lebih nyaman dan aman," katanya.
Masih menurutnya, ada 10 layanan dengan kode berbeda yang dapat diakses
melalui Pandawa, termasuk pendaftaran peserta baru dengan kode layanan A, penambahan
anggota keluarga (B), pendaftaran bayi baru lahir (C), perubahan segmen (D),
dan perubahan identitas (E).
Selain itu, Pandawa juga mencakup layanan perubahan gaji golongan
(F), perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (G), penonaktifan peserta
meninggal (H), perbaikan data ganda (I), dan pengaktifan kembali kartu peserta
(J).
"Warga yang hendak mengurus BPJS Kesehatan melalui Pandawa ini dapat
menggunakan format yaitu nama pelapor spasi nama peserta spasi nomor kartu atau
KTP spasi nomor HP dan kode layanan. Misalnya perubahan identitas berarti
kodenya E, pendaftaran bayi baru lahir kodenya C, dan seterusnya," kata
Ifan.
![]() |
gambar ilustrasi/bisnistempo.co |
Ia mengatakan bahwa setiap pengajuan pelayanan menggunakan
Pandawa diupayakan selesai pada hari pengajuan.
"Jadi seluruh administrasinya selesai hari itu juga. Namun pelayanan
WA-nya sesuai jam kerja dari jam 08.00 pagi sampai 15.00 sore. Kalau lebih dari
jam segitu ya dilayani keesokan harinya," katanya.
Menurut dia, penggunaan Pandawa efektif mengurangi jumlah peserta yang
mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang.
"Jumlah peserta yang kami layani di kantor itu biasanya sampai sekitar 200
orang lebih. Sekarang paling hanya 60 sampai 70 orang, sisanya pakai yang
Pandawa itu," katanya.
Ifan menambahkan layanan via WA melengkapi pelayanan jarak jauh yang
disediakan BPJS Kesehatan, seperti Mobile JKN dan BPJS
Kesehatan Care Center via telepon 1500-400.
"Karena banyak yang minta yang lebih sederhana via WA, jadi dibuka layanan
via WA," pungkasnya. Sumber;antara
Post a Comment for "BPJS Kesehatan Gunakan Layanan Aplikasi Via WhatsApp di Masa Pandemi Covid19"
Post a Comment